katigaku.com Cut Hanti konsultan bisnis berpengalaman SBUJK, SKK Konstruksi, SMK3, AK3 umum
Cut Hanti
1 day ago

Clam Shell Excavator

Clam Shell Excavator

Gambar Clam Shell Excavator

Alat berat ini sebenarnya merupakan excavator juga, yang membedakannya hanyalah
bucketnya saja dan proses penggaliannya.
Pada clam shell dengan kabel (tidak diproduksi lagi) dibutuhkan clam shell yang berat dan
tebal agar energi potensial jatuhnya bucket dapat masuk kedalam tanah yang lebih dalam.
Clam shell menggali lubang dengan cara menjatuhkan bucket setinggi mungkin dengan jalan
melepas jepitan kabel tariknya. Bila bucket telah jatuh dan masuk kedalam tanah, maka
kabel penutup bucket serempak dengan kabel pengangkatnya ditarik, kemudian tanah yang
telah mengisi bucket dipindahkan atau dimuatkan kedalam truck.
Biasanya clam shell dioperasikan di sungai atau di rawa-rawa ilustrasinya seperti terlihat di
bawah ini.

Pada clam shell hidrolik, ketinggian jatuh tidak diperlukan lagi, sehingga tidak membutuhkan
boom yang panjang. Tenaga gali didapat dari kekuatan hidrolik saja.
Ada kalanya clam shell dioperasikan untuk pengerukan sungai seperti yang terjadi di
Jakarta, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Struktur Clam Shell
Alat berat ini terdiri dari beberapa bagian, yaitu :
1. Mesin penggerak
2. Sistem hidrolik
3. Sistim sling (untuk model lama)
4. Boom dan bucket
5. Badan
6. Undercarriage

Penjelasan
1. Mesin penggerak berupa mesin diesel berkekuatan antara 80 dampai 260 hp
Tenaga mesin, terbesar untuk mengoperasikan clam shellnya. Pada clam shell dengan
sling (kabel) banyak tenaga hilang karena gesekan pulley (katrol) yang mengatur
pengangkatan dan penutupan bucket clam shell tersebut.
2. Sistem hidrolik, seperti pada alat berat lainnya merupakan penyalur tenaga yang paling
efektif dan praktis dari sumber ke komponen yang memerlukannya. Sistem sling,
menyalurkan tenaga dengan cara menarik kabel sling yang menghubungkan sumber
tenaga dengan komponen yang akan digunakan. Bila gerakan komponen mau dibalik,
maka penarikan dilakukan oleh sling pasangan yang disebutkan tadi, tapi dengan arah
yang berlawanan atau membiarkan komponen yang bersangkutan jatuh karena beratnya
sendiri seperti jatuhnya clam shell.
Shell sling ini sering mengalami kemacetan atau sling keluar dari katrolnya.
3 . Boom berfungsi sebagai alat untuk memposisikan bucket ke tempat seoptimal mungkin,
selain itu berfungsi pula untuk menjembatani tenaga yang disalurkan dari sumber tenaga
ke bucket.
4 . Badan seperti pada excavator lainnya merupakan tempat dipasangnya mesin, pompa
hidrolik, kopling untuk sistem sling dan tentunya kabin operator.
5 . Undercarriage, merupakan bagian yang berfungsi membawa badan ketempat yang
diperlukan dan mendukung berat beban kerja sewaktu alat beroperasi.

Pemakaian
Clam shell sebaiknya dioperasikan pada tanah yang tidak keras. Untuk clam shell dengan
sling, hendaknya menjatuhkan bucket itu setelah terbuka maksimal agar mendapat daya
tembus yang besar dan pula memperkecil dampak tumbukan pada bagian-bagian bucket
tersebut. Penguluran sling pada waktu menjatuhkan bucket hendaknya tepat, untuk
menghindari keluarnya sling dari katrolnya.

Baca Juga:

SIO maupun SIA merupakan kedua hal yang harus dipenuhi oleh perusahaan pengguna Clam Shell Excavator. Keduanya menunjukkan sertifikasi dalam mengoperasikan alat berat. Dimana SIA menyangkut kredibilitas perusahaan dalam menggunakan Clam Shell Excavator. Sementara SIO Clam Shell Excavator yaitu menyangkut sertifikasi perorangan dalam mengoperasikan Clam Shell Excavator.


Dengan adanya kedua sertifikasi tersebut, sebuah perusahaan ataupun industri serta tenaga operasional yang ada pada perusahaan tersebut, bisa disebut layak untuk mengoperasikan sebuah Clam Shell Excavator ataupun alat berat lainnya. 


Maka dari itu, SIO dan SIA ini menjadi elemen yang cukup penting dalam pengoperasian sebuah Clam Shell Excavator. Keduanya tak bisa dipisahkan, dan menjadi satu kesatuan. Karena meskipun perusahaan/industri tersebut telah memiliki SIA. Namun selama tenaga operasionalnya belum memiliki SIO. Maka otomatis, perusahaan tersebut belum layak dalam menggunakan Clam Shell Excavator.


Pengertian SIO Clam Shell Excavator Dan Perbedaannya Dengan SIA


Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa SIO dan juga SIA merupakan elemen penting dan tidak bisa dipisahkan dalam pengoperasian sebuah Clam Shell Excavator. Secara umum, SIO merupakan kependekan dari Surat Izin Operator. Sementara SIA adalah Surat Izin Alat, untuk mengoperasikan alat-alat berat.


Dengan demikian, SIA hanya diperuntukkan bagi perusahaan/industri yang menggunakan Clam Shell Excavator saja. Sementara SIO dikhususkan bagi perorangan, yang telah dan ingin bekerja dalam pengoperasian alat-alat berat. Termasuk diantaranya Clam Shell Excavator ini.


Dari penjelasan tersebut, kiranya telah bisa memberikan sedikit gambaran dari kedua sertifikasi tersebut. Dimana, keduanya dibedakan berdasarkan orang ataupun perusahaan yang mengoperasikannya.

Berbeda dengan SIA, yang pembuatannya merupakan sebuah tanggung jawab sebuah perusahaan. Maka, SIO Clam Shell Excavator lebih ditekankan terhadap perorangan. Artinya, setiap orang ataupun individu yang ingin bekerja sebagai tenaga operator Clam Shell Excavator ataupun alat berat lainnya, wajib memiliki serifikasi SIO. Bagaimana syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pembuatan SIO ini ? bisa Anda simak dalam pembahasan di bawah ini.

SIO Clam Shell Excavator Berikut Persyaratannya

Bagi operator Clam Shell Excavator ataupun alat berat lainnya, SIO merupakan elemen penting yang wajib dimilki. Karena dengan SIO ini, sebuah perusahaan akan bisa menilai apakah orang ataupun operator tersebut memang layak bekerja di perusahaan tersebut ataukah tidak. Tentunya dalam posisi sebagai tenaga operator forklit ini.

Lalu bagaimana persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat SIO ini ? selengkapnya bisa dilihat dalam ulasan berikut ini. Diantaranya :

  • Memiliki surat pengantar dari perusahaan. Surat pengantar dari perusahaan tersebut ditujukan kepada direktur pengawasan norma K3, dengan bentuk kop surat.
  • Memiliki sertifikat pelatihan Clam Shell Excavator yang telah di scan.
  • Untuk SIO yang akan diperpanjang, Anda diharuskan untuk menunjukkan surat penunjukkan sebagai tenaga ahli K3 ataupun SIO sebelumnya.
  • Memiliki surat kewenangan yang telah di scan.
  • Menyertakan kartu identitas yang telah di scan. Kartu identitas ini bisa berupa KTP, kartu SIM maupun paspor. Khusus untuk paspor, ditujukan bagi warga negara asing yang ingin membuat SIO di Indonesia. Meskipun memang, terkadang, pembuatan SIO ini lebih diprioritaskan bagi warga negara Indonesia terlebih dahulu.
  • Menyertakan pas foto ukuran 3x4, dalam format JPG, serta
  • Menyertakan laporan P2K3 selama 3 bulan terakhir.

Cara Membuat SIO Clam Shell Excavator 

 

Cara membuat SIO Clam Shell Excavator ini biasanya dilakukan dengan mengikuti sebuah tes ataupun ujian terlebih dahulu. Biasanya dilakukan dalam forum khusus yang diselenggarakan oleh Kementerian Tenaga Kerja. Namun ada juga, yang dilakukan oleh sebuah lembaga pelatihan, yang bekerjasama dengan Kementerian Tenaga Kerja. Sementara untuk perpanjangan, Anda tidak perlu mengikuti tes ataupun ujian lagi. 

Untuk biayanya sendiri, SIO ini tidak dipungut biaya alias gratis. Baik untuk pembuatan maupun untuk perpanjangan. Namun dalam berbagi hal, ada juga individu ataupun perorangan yang mengandalkan jasa pembuatan SIO Clam Shell Excavator. Sehingga pembuatannya menjadi lebih mudah. Biaya untuk pembuatan SIO melalui jasa ini biasanya berkisar antara 1 juta hingga 3 juta rupiah.


Mengingat sangat pentingnya SIO sebagai syarat untuk mengoperasikan foklift dalam sebuah perusahaan. Maka tentunya, hal ini menjadi hal yang harus diprioritaskan oleh semua tenaga operator Clam Shell Excavator. Begitu juga dengan tenaga-tenaga operator Clam Shell Excavator yang ada pada PT Sarana Mitra Luas. Semua tenaga operator yang bekerja pada perusahaan ini, telah memiliki sertifikasi SIO Clam Shell Excavator. Sehingga bisa menggunakan Clam Shell Excavator perusahaan secara aman dan legal.

Kelayakan suatu alat ditunjang dengan operator alat yang sesuai adalah salah satu kriteria SMK3 Sistem Manajemen K3 hal ini sangat berkaitan dengan meningkatnya pembangunan melalui jasa konstruksi dan teknologi itu sendiri dinperusahaan kontraktor dan perusahaan perusahaan industri, penggunaan pesawat / alat angkat dan angkut merupakan bagian integral dalam pelaksanaan dan peningkatan proses pelaksanaan produksi di suatu perusahaan.

Proses pelaksanaan produksi yang dimaksud yaitu proses dalam pembuatan, pemasangan, pemakaian, perawatan pesawat angkat dan angkut yang bertujuan untuk mendapatkan sebuah produk sesuai dengan perencanaan.
Untuk urusan Sertifikat Alat SIA dan juga Sertifikasi Operator Alat angkat angkut pemerintah telah mengeluarkan PER.09/MEN/VII/2010 jo PER.05/MEN/1985, perlu adanya perlindungan atas keselamatan dan kesehatan kerja setiap tenaga kerja yang melakukan pembuatan, pemasangan, pemakaian, persyaratan pesawat angkat dan angkut.

Pada umumnya dikatan bahwa Pesawat / Alat Angkat dan Angkut adalah suatu peralatan yang sangat digunakan untuk proses perusahaan industri khususnya dalam melakukan pemindahan barang.
Pesawat / Alat Angkat dan Angkut merupakan Suatu peralatan teknik yang memiliki tingkat resiko bahaya tinggi, yang bisa memicu terjadinya kecelakaan kerja, bilamana tidak dipelihara, diperhatikan dan ditangani secara baik dan benar.

Bagi Anda yang tidak berkecimpung di dunia konstruksi alat-alat berat. Tentunya mendengar SILO Clam Shell Excavator terdengar seperti sesuatu yang baru. Namun jika Anda terbiasa dengan bidang konstruksi Clam Shell Excavator serta alat-alat berat lainnya. Tentunya, hal ini sudah menjadi hal yang biasa. Seperti diketahui, SILO merupakan kependekan dari Surat Izin Layak Operasi.

About the author
katigaku.com Cut Hanti Konsultan Bisnis Profesional untuk Perizinan Usaha SBUJK, SKK Konstruksi, SMK3, AK3 umum

Cut Hanti

Cut Hanti - Konsultan Bisnis Profesional di katigaku.com

Cut Hanti adalah seorang konsultan bisnis yang berpengalaman yang bekerja untuk katigaku.com. Tugas utamanya adalah membantu perusahaan-perusahaan dalam proses perolehan lisensi bisnis, termasuk SBU Jasa Konstruksi, SKK Konstruksi, SMK3, AK3 Umum, dan CSMS.

Dengan pengetahuan mendalam tentang peraturan dan persyaratan bisnis di Indonesia, Cut Hanti telah membantu banyak perusahaan meraih lisensi yang diperlukan untuk beroperasi secara legal. Dalam dunia bisnis yang serba cepat dan penuh tantangan, keahliannya dalam mengurus izin-izin bisnis menjadi nilai tambah bagi klien-kliennya.

Cut Hanti adalah seorang profesional yang berdedikasi dan berorientasi pada hasil. Ia berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada klien-kliennya, memastikan proses perizinan berjalan lancar dan efisien. Keterampilan komunikasinya yang baik memungkinkan dia untuk bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, seperti instansi pemerintah dan lembaga regulasi.

Selain itu, sebagai konsultan bisnis yang berpengalaman, Cut Hanti juga memberikan saran berharga kepada perusahaan-perusahaan klien mengenai strategi bisnis dan pengembangan usaha. Pendekatan profesionalnya telah membantu banyak perusahaan meraih kesuksesan dalam menghadapi berbagai tantangan dalam industri.

Dengan reputasi yang terpercaya dan portofolio klien yang memuaskan, Cut Hanti adalah pilihan tepat untuk perusahaan yang membutuhkan bantuan dalam memperoleh lisensi bisnis yang diperlukan. Dengan bimbingan dan dukungan Cut Hanti, perusahaan Anda dapat fokus pada pertumbuhan dan pengembangan bisnis tanpa harus khawatir tentang perizinan.

Tim kami siap membantu Anda untuk mendapatkan SIA/SIO Clam Shell Excavator

Dapatkan Layanan Prioritas dengan menghubungi tim kami

Jika Anda ingin menyampaikan pertanyaan tentang perizinan dan pembuatan SIA/SIO Clam Shell Excavator

Katigaku.com Proses SKK Konstruksi cepat dan memuaskan

Konsultasikan goal bisnis dengan kami, supaya dapat mengikuti jadwal tender

Pilih Sub bidang pekerjaan yang akan diambil, misalnya:

  • Konsultan atau Kontraktor
  • Spesialis atau Umum
  • Kecil, Besar atau Menengah
  • Jangan sampai hanya selembar kertas yang belum terpenuhi, anda GAGAL TENDER. Semua cara melengkapi persyaratan perizinan Dasar hingga Izin Operasional ADA DISINI !!
  • Saatnya anda lengkapi semua persyaratan IZIN DASAR & IZIN OPERASIONAL perusahaan anda mulai dari AKTA pendirian/perubahan, NIB (penetapan KBLI yang tepat) hingga Izin Operasional di semua sektor yang anda jalankan.
Terjamin
Sertifikat terjamin keasliannya dan dapat dicek online
Proses Cepat
Dengan puluhan tahun pengalaman kami, proses menjadi lebih cepat
Free Konsultasi
Konsultasi gratis sesuai dengan kebutuhan
24/7 Support
Contact us 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

SBUJK

Sertifikat Badan Usaha (SBU) adalah bukti pengakuan formal tingkat Kompetensi usaha jasa pelaksana konstruksi (KONTRAKTOR) dan perencana konstruksi atau pengawas konstruksi (KONSULTAN) .

Sertifikat ISO (9001,14001,27001,37001,45001)

Perusahaan atau brand yang telah memiliki sertifikat ISO akan lebih berpeluang memenangkan persaingan pasar global. Pasalnya, perusahaan atau brand tersebut telah memiliki jaminan kualitas produk (barang atau jasa) dari ISO sehingga mendapatkan kepercayaan dari konsumen

SMK3

Menurut PP.No.50/2012, perusahaan yang harus menerapkan dan memiliki sertifikat SMK3 adalah perusahaan dengan jumlah karyawan 100 orang atau lebih atau perusahaan yang memiliki resiko tinggi.

SBUJPTL

Sertifikat Badan Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik merupakan bukti pengakuan formal Badan Usaha bidang Kelistrikan yang dinyatakan telah berkompetensi sesuai klasifikasi pekerjaan yang dijalankan, dan menjadi syarat pengajuan IUJPTL - Izin Usaha Jasa Penunjang Tenaga Listrik

SKK Konstruksi

SKA atau Sertifikat Keahlian dan SKT atau Sertifikat Keterampilan kini berganti istilah menjadi Sertifikat Kompetensi Kerja (SKK) Jasa Konstruksi Para Kontraktor yang baru mengajukan Registrasi & Sertifikasi Jasa Konstruksi ataupun yang melakukan perpanjangan IUJK - Izin Usaha Jasa Konstruksi saat ini, maka SBU & Sertifikat tenaga ahli atau SKA / SKT mengalami TRANSISI selama tahun 2021.

Pendirian PT/CV

Pendirian PT/CV. Mendirikan sebuah badan usaha atas usaha yang akan / sedang anda jalankan, adalah keputusan yang tepat dan sebuah LANGKAH BESAR. Namun, jangan hanya sekedar membuat wadahnya saja, tetapi juga bagaimana proyek-proyek yang akan anda jalankan kedepan sudah tertuang diawal didalam legalitas badan usaha.

Bagaimana cara kami membantu Perusahaan Anda?

  • 01. Business Goal

    Ceritakan kepada kami, goal bisnis Anda.

    • Mau ambil kualifikasi kontraktor atau konsultan
    • Kapan akan mengikuti tender
    • Tender apa yang akan diikuti
  • 02. Review kebutuhan teknis

    • Data penjualan tahunan;
    • Data kemampuan keuangan/nilai aset;
    • Data ketersediaan Tenaga Kerja Konstruksi
    • Data kemampuan dalam menyediakan Peralatan konstruksi;
    • Data penerapan sistem manajemen anti penyuapan ISO 37001;
    • Data keanggotaan asosiasi BUJK yang terdaftar di LPJK.
  • 03. Tenaga Ahli & Peralatan

    Apakah sudah memiliki tenaga ahli dan peralatan pendukung konstruksi

    Kami dapat membantu proses SKK - Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi dan pemenuhan Peralatan

    Termasuk Ijin Operator (SIO) dan Ijin Alatnya (SIA)

  • 04. Proses SBU

    SBU Jasa Konstruksi ini dikeluarkan oleh LSBU atau Lembaga Sertifikat Badan Usaha yang di Akreditasi oleh LPJK PUPR

    • BUJK Nasional
    • BUJK PMA
    • BUJK Asing